Tugas Besar Struktur Baja II Teknik Sipil Untirta 2012


Diberi kepercayaan menjadi Asisten Stuktur Baja II akan menjadi tanggung jawab yang besar bagiku. Menyisihkan waktu ditengah kesibukanku bekerja untuk mengabdi ke almamater bukan hal gampang. Sepertinya akan menjadi hari-hari yang berat untuk beberapa bulan ke depan, tapi akan saya nikmati🙂

Untuk semester ini, saya diminta membimbing adik-adik kelas dalam mengerjakan Tugas Besar Struktur Bja II. Tugas Besar adalah hal yang biasa untuk beberapa mata kuliah di Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA.

Lingkup materi yang diajarkan di Struktur Baja II jurusan Teknik Sipil (setidaknya yang dulu saya alami) : Struktur Bangunan Pabrik (diantaranya : Kolom, Kolom-Balok, Purlin / gording, Sambungan Baut, Base plat baja-beton). Materi ini kalau dibandingkan dengan materi di kampus lain mungkin akan beda, bisa jadi materi di kampus kami ini jauh lebih ringan, dan dianggap receh. Tapi jelas hal ini harus dimaklumi, karena terus terang usia jurusan Tekni Sipil UNTIRTA belumlah semapan kampus raksasa lain sperti UI, ITB, ataupun UGM. Biarpun begitu, saya bangga menjadi bagian keluarga Teknik Sipil UNTIRTA.

Tugas Besar ini bertujuan

  • Membawa mahasiswa pada logika konkret dalam mengerjakan dan menyelesaikan permasalahan perhitungan struktur baja. Masalah – masalah ini seringkali dijumpai seorang Saraja Teknik Sipil (Fresh) dalam dunia kerja (konsultan dan kontraktor) .
  • Mengenalkan mahasiswa pada Code, Manual, ataupun buku Acuan lain dalam mengerjakan perhitungan struktur baja.

Bagi mahasiswa Teknik Sipil UNTIRTA yang sedang mengambil MK. Struktur Baja II, berikut ini materi dan buku yang bisa kalian unduh :

GordingKolom BajaBalok BajaBalok-Kolom ,Sambungan Lentur dan Geser

Nah ini juga ada buku Perancangan Struktur baja dengan Metode LRFD , dan Analisis Komponen Struktur Baja dengan AISC-LRFD oleh Bambang Suryoatmono Unpar ,

Nah ini ada Code : LOAD AND RESISTANCE FACTOR DESIGN SPECIFICATION AISC – LRFD , SNI 1729 – 2002 TATA CARA PERENCANAAN STRUKTUR BAJA UNTUK BANGUNAN GEDUNG , Sebagai tambahan ada juga nih INTERNATIONAL BUILDING CODE 2012.

Tugas besar nanti, akan dikerjakan dengan mengacu pada SNI 1729 2002, dimana saat ini Standar kita mengacu pada metode LRFD yang diadopsi dari AISC Amerika Serikat. Metode ini memperbaharui standar terdahulu yang mengacu pada ASD. Apa beda dari metode-metode di atas, Berikut ini ada “General Comparison between AISC LRFD and ASD“. Ini tulisan Hamid Zand dari GT STRUDL Las Vegas, Nevada.

Jika perlu software bantuan, diperkenankan menggunakan ETABS, SAP 2000, ataupun TEKLA. Nah kalau ada yang belum tau software TEKLA coba buka link berikut : http://www.tekla.com

Software ini mampu menghitung, membuat shop drawing, bahkan menjadwalkan pabrikasi baja… hehee😀

Nah ini nih sekilas display tampilan software Tekla (mirip-mirip SAP dan ETABS lahhh) :

Buat yang tertarik menggunakan software TEKLA, atau software lain semacam ANSYS, NASTRAND, ABAQUS.. bisa dapetin M2M nya di Mal Ambasador. Disana banyak jual software “crack-an” dalam bentuk dvd.. Harganya agak mahal buat kantong mahasiswa (50Ribuan) tapi amat sangat murah ketimbang beli yang license . . (Aku sih nyaranin beli yang asli, tapi ya enggak salah beli bajakan untuk belajar hehee :p)

Okedehh sukses buat adik-adik yang mengambil Struktur Baja II… Salam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s