REDESAIN BALOK GIRDER PADA BENTANG TENGAH FLYOVER BALARAJA DENGAN MENGGUNAKAN PCI GIRDER


Setelah cukup lama menukangi Tugas Akhirku… Akhirnya pada 20 Oktober 2011 aku sah lulus ujian sarjana, dan dikukuhkan menjadi Sarjana Teknik.. Terimakasih kepada Tuhan Yesus Kristus atas Kasih Karunianya aku mampu menyelesaikan Tugas Akhir ini tepat pada waktunya. Persembahan kecil ini aku berikan kepada Kedua orangtuaku dan kedua adikku.. Walau tak sebanding dengan dukungan materil dan moral yang telah mereka berikan. Terimakasih aku ucapkan juga kepada semua teman-teman yang telah membantu selesainya Tugas Akhir ini, yang tak dapat aku sebutkan namanya satu per satu… Special thanks for : @anisamarpaung (Anisa Gomgom Aprilia Marpaung)yang telah memberikan dukungan termanisnya.. Kiranya Tuhan Yesus yang membalas kebaikanmu..

Abstrak

Kemampuan dan kehandalan sebuah jembatan sangat dipengaruhi oleh jenis dan kekuatan balok girder. Pada bentang tengah Flyover Balaraja digunakan girder baja, dimana materialmya didatangkan dari Jepang dan dipabrikasi di Indonesia, yang menelan transport cost yang cukup besar. Perencanaan PCI Girder akan mengacu kepada Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan (SNI T-12 2004) , Pembebanan untuk Jembatan (SNI T-02 2005), Bridge Management System (BMS), dan ACI, perhitungan kehilangan prategang dengan menggunakan metode TY. Lin . Kabel prestress pada desain PCI Girder digunakan 4 tendon yang masing-masing terdiri atas 19 kawat jenis uncoated 7 wire super strands ASTM A-416 grade 270. Perhitungan kehilangan prategang dengan menggunakan rumus TY. Lin Hasil perhitungan didapatkan bahwa pada bentang tengah Fly Over Balaraja dapat Gaya prategang awal 10896,366 kN, mengalami kehilangan prategang sebesar 28 % sehingga tersisa tegangan efektif 7868,462 kN. Digunakan tegangan efektif 70% gaya prategang awal, sebesar 7627,46 kN. Pada keadaan transfer, balok mengalami lendutan sebesar 0,0547349 ke arah atas, setelah loss of prestress sebesar 0,0385201 m ke arah atas. Setelah menjadi komposit dengan pelat, balok akan mengalami lendutan terbesar akibat kombinasi 4 sebesar – 0,048583146 m. Digunakan tulangan longitudinal pada bagian atas 12 D 12, pada bagian badan 10 D 12, dan bagian bawah 14 D 12. Tulangan geser yang digunakan D 13 dengan variasi jarak di daerah tumpuan sampai tengah bentang : 100 mm, 150 mm, 250 mm, dan 300 mm. Kata kunci : Beton prategang, PCI Girder, TY.LIN 2000 Download Tugas Akhirku:

Download Tugas Akhirku http://www.scribd.com/doc/70970085/Tugas-Akhir-Teknik-Sipil-FT-UNTIRTA-by-BENZ-NAINGGOLAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s